26 Maret 2018
Bagikan :

Makan adalah salah satu kebutuhan yang penting untuk kita ya ladies. Namun ada kalanya kita tetap merasa lapar walaupun sudah makan. Nah terkadang hal itu bisa diakibatkan oleh faktor makanannya atau ada kesalahan dari dalam tubuh kita dan juga kebiasaan yang sering kita lakukan. Nah ladies, mau tahu apa saja yang menyebabkan perut kamu masih merasa lapar walaupun sudah makan? Yuk intip penyebabnya berikut ini.

Dehidrasi

Salah satu penyebab perut lapar adalah dehidrasi ringan. Hal tersebut terjadi karena kekurangan cairan pada tubuh membuat otak bingung membedakan rasa lapar dan haus. Nah kebingungan itu terjadi di hipotalamus (bagian otak yang mengatur nafsu makan). Akibat dari hal ini, tidak sedikit orang suka bingung kalau tubuh sebenarnya butuh makan atau hanya butuh cairan saja.

 

Kurang Tidur

Kebiasaan yang satu ini dapat menyebabkan kelelahan pada otak. Kurangnya jam tidur yang menyebabkan otak yang kelelahan, berakibat pada meningkatnya ghrelindan dan menurunnya leptin. Ghrelin adalah hormon yang meningkatkan nafsu makan, sedangkan leptin adalah hormon yang timbul saat kenyang. Maka dari itu kita sering merasa lapar saat sulit tidur. Sebagai solusinya kamu harus penuhi waktu istirahat kamu minimal 7 sampai 8 jam sehari.

 

Mengunyah Terlalu Cepat

Ladies, ternyata mengunyah makanan terlalu cepat akan membuat lambung kekurangan waktu untuk melepaskan hormon yang berfungsi memberitahu otak bahwa tubuh sudah kenyang lho. Mengunyah terlalu cepat akan memberi sinyal ke otak untuk meningkatkan nafsu makan. Kondisi inilah yang membuat seseorang terus merasa lapar. Maka dari itu ada baiknya mengunyah secara perlahan saja, tidak perlu terlalu cepat dan nikmati makanan yang kamu konsumsi ya.

Itulah beberapa penyebab perut sering lapar walaupun sudah makan. Nah, sekarang kamu sudah tahu kan ladies? Yuk hindari kebiasaan tersebut agar pola makan kita juga terjaga.

Komentar (0)

related article