12 November 2017
Bagikan :

Menggunakan produk kecantikan bagi wanita merupakan sebuah keharusan, benar kan Ladies? Apalagi sekarang ini cuaca semakin tidak menentu, membuat kulit membutuhkan perawatan yang lebih intensif. Berbagai produk berlomba-lomba untuk menghadirkan perawatan yang dibutuhkan, mulai dari yang mahal sampai yang murah. Tetapi, apapun jenis produk kecantikan yang kamu gunakan, kamu harus selalu memerhatikan kandungan-kandungannya, ladies. Sebab banyak sekali kandungan berbahaya yang mungkin saja terkandung pada produk kecantikanmu.

Selain merkuri, dibawah ini ada beberapa kandungan berbahaya yang harus kamu kenali. Yuk simak ulasannya.

1. Midazolidinyl Urea dan Diazolidinyl Urea

Zat ini pada umumnya terkenal sebagai bahan pengawet dan biasa digunakan untuk mengawetkan mayat. Jika ditemukan zat ini di dalam produk kecantikan, sebaiknya harus segera diganti ya Ladies. Sebab, zat ini dapat menyebabkan pengeluaran air mata, inflamasi, luka bakar, hingga radang kulit.

 

2. Paraben

Kandungan ini pasti cukup sering kamu dengar. Kandungan yang biasa ditemukan pada produk lotion, foundation, dan beberapa make up ini ternyata sangat berbahaya, lho. Berbagai efek samping dapat dihasilkan oleh zat paraben ini seperti, mulai dari penurunan jumlah sperma, kanker kulit hingga kanker payudara.

 

3. Rhodamin B

Rhodamin B merupakan bahan pewarna sintetis yang biasa digunakan untuk produk kecantikan bagian dekoratif, seperti lip products, eye shadow, dan juga blush on. Bahan pewarna sintetis ini pada umumnya digunakan sebagai zat pewarna tekstil, kertas, dan tinta. Jika zat ini diserap oleh tubuh, dapat menyebabkan terjadinya kerusakan hati.

 

4. Timbal

Di beberapa negara seperti Eropa, Kanada, dan Jepang, timbal merupakan kandungan yang dilarang pada produk kecantikan. Hal ini disebabkan karena timbal dapat menyebabkan gangguan sistem syaraf pusat, kardiovaskuler (meningkatkan tekanan darah dan hipertensi), dan menurunkan fungsi ginjal pada tubuh orang dewasa. Timbal biasa ditemukan pada produk lipstick dan cat rambut.

 

5. Hydroquinone

Zat ini biasa terkandung pada produk skin care, seperti obat acne, anti-aging, pencerah wajah, dan lain sebagainya. Zat ini bersifat  karsinogen, yang dapat menyebabkan kulit rusak, dan menyebabkan foto sensitivitas, yaitu alergi matahari karena kulit menjadi hipersensitif terhadap sinar UV.

Nah, itu dia ladies kandungan-kandungan berbahaya pada produk kecantikan yang mulai sekarang harus diwaspadai. Karena jika terlalu sering digunakan justru akan membuat kulit kulit badan dan wajah menjadi rusak. So, make sure to check the labels, ya ladies!

Komentar (0)

related article