15 Maret 2016
Bagikan :

Banyak orang yang memutuskan untuk mengundurkan diri dari perusahaan tempat mereka bekerja, dengan alasan untuk membangun bisnis sendiri. Mempunyai bisnis sendiri memang terlihat menggiurkan mengingat untung usaha yang besar dan bekerja sesuai passion, namun memulai bisnis tidaklah mudah. Sebelum memulai bisnis ada beberapa hal yang harus dipahami dan disiapkan agar bisnis berjalan sukses dan tahan lama, berikut ini merupakan beberapal langkah untuk memulai bisnis dengan sukses:

1. Passion itu Baik Tapi Keterampilan Bisnis Lebih Penting
Salah satu yang membedakan karakteristik dari seorang pengusaha adalah passionnya, passion akan mengarahkan seseorang mejadi pengusaha untuk memulai bisnisnya ditengah ekonomi yang turun.  Tapi passion saja tidak cukup untuk memulai bisnis, jika bisnismu ingin bertahan lama mulailah belajar hal yang lain seperti business skills.  Itulah yang akan menjadikanmu seorang pebisnis yang sebenarnya.

2. Tidak Menginvestasikan Uang Sendiri
Pada saat akan memulai bisnis, modal menjadi poin penting untuk awal bisnis. Jangan investasikan modal bisnis memakai uang sendiri, carilah partner bisnis untuk menimalisir risiko karena ini bukan perjalanan yang mudah. Jadi, jika tidak sesuai rencana kamu tidak akan bangkrut karena dana start-up tersebut.

3. Rekrut Karyawan Dengan Baik
Usaha kecil ataupun besar pasti akan membutuhkan karyawan, lakukan proses rekrutmen dengan hati-hati seperti pada saat akan membangun usaha tersebut. Carilah karyawan yang sesuai dengan visi dan misi untuk usaha, agar perusahaan maju bersama orang-orang yang tepat.

4. Ketika Memiliki Usaha Sendiri, Online Merupakan Kewajiban
Kebiasaan orang di era digital ini banyak menghabiskan waktunya untuk online seperti bermain media sosial. Kehadiran bisnismu di dunia maya menjadi kewajiban perusahaan untuk membangun dan mempertahankan dengan cara yang pintar. Kamu butuh website, sosial media dan strategi marketing yang keren.

5. Membangun Networking yang Baik
Ketika berencana membuka usaha, pastikan memiliki relasi yang baik dengan orang-orang yang berhubungan dengan usaha yang akan kamu ciptakan. Membangun networking dapat dimulai pada saat menjadi karyawan. Misalnya Ladies akan membuka industri kecantikan dan mempunyai kenalan distributor barang-barang ke salon atau toko kecantikan. Maka kenalan tersebut akan merekomendasikan produk kecantikanmu pada salon-salon atau toko kecantikan yang terpercaya.

Nah, jika Ladies ingin memulai usaha maka pahami dulu niatnya. Bukan hanya sekedar mencari tambahan penghasilan tapi kamu harus memiliki niat yang lebih kuat dari itu. Nah, Ladies sudah siap memulai bisnis sekarang?

Komentar (0)

related article