27 September 2017
Bagikan :

Musik menjadi salah satu hiburan yang memberikan efek positif bagi kesehatan tubuh dan pikiran. Tidak jarang musik digunakan sebagai sarana terapi oleh beberapa ahli kesehatan untuk penyakit-penyakit tertentu. Salah satu kegunaan musik yang umum diketahui adalah kemampuannya merelaksasi pikiran dan menghilangkan stres.  Namun tidak semua jenis musik memberikan dampak yang sama. Ada beberapa jenis musik yang hanya bisa didengarkan sebagai hiburan saja.

Ladies, jenis musik berikut ini dapat menjadi alternatif kamu ketika ingin meredakan stres.

Musik Klasik

Musik klasik pada umumnya terdiri dari orchestra besar tanpa diikuti vocal. Jenis musik ini merupakan jenis musik yang sering digunakan untuk meredakan stres. Tidak hanya dapat menenangkan tubuh dan merelaksasi pikiran, musik klasik juga membantu menenangkan detak jantung.

 

Musik Jazz

Gitar, trombone, piano, trompet, dan saksofon menjadi instrumen utama sebuah musik jazz. Musik jazz sendiri masih terdiri dari beberapa jenis musik lain seperti blues, ragtime, brass-band dan lain sebagainya. Nada dan suara yang ringan cenderung menjadi ciri khas tersendiri dari musik jazz, itu sebabnya stress akan hilang saat kita mendengarkan musik jazz.

 

Musik India Klasik

Musik ini dibentuk berdasarkan mode melodi dan siklus berirama tertentu. Kandungan yang ada di dalam musik India klasik ini dapat mengaktifkan dan mengendalikan suasana hati dan pusat energi dalam tubuh. Biasanya musik ini digunakan untuk yoga dan meditasi. Selain stres, musik India klasik digunakan dalam pengobatan insomnia, migrain, sakit kepala, hipertensi, depresi dan lainnya. Musik India klasik juga membantu orang yang sedang depresi meningkatkan dan memperbaiki kualitas tidurnya.

Baca Juga: 5 Manfaat Musik untuk Kesehatan

 

Musik Oriental

Suara yang berasal dari alam seperti suara angin atau gemericik air, burung atau jangkrik dan binatang lainnya, dipastikan dapat menghilangkan stres. Biasanya, musik yang memiliki unsur-unsur tersebut adalah musik oriental. Gambaran alam yang muncul saat mendengarkan musik ini membantu tubuh untuk menjadi lebih rileks dan tenang.

Ladies, musik-musik ini dapat membantu kamu untuk menstimulasi otak agar memasuki frekuensi alpha. Dengan otak memproduksi gelombang alpha, kamu akan mampu mengatasi tekanan yang kamu rasakan dari aktivitasmu.

Komentar (0)

related article