19 Juli 2017
Bagikan :

Bukan rahasia lagi bilaaneka produk makeup bisa membuat wajahmu tampak mulus. Tetapi semua itu tidak ada artinya bila nyatanya pori-pori wajahmu sering tersumbat dan menimbulkan masalah kulit.

Penyebab pori-pori wajah tersumbat rupanya bukan hanya dikarenakan hal-hal besar. Lima kebiasaan sepele berikut ini juga berpotensi membuat pori-pori wajahmu jadi tersumbat :

Terlalu Sering Menyentuh Wajah

Perasaan grogi bisa membuat seseorang jadi sering menyentuh wajah. Padahal kondisi tangan tidak selalu bersih saat kamu beraktivitas. Hal inilah yang kemudian memicu sumbatan pada pori-pori wajah, karena partikel kotoran pada tangan memang tidak kasat mata dan bisa mengganggu kesehatan kulit.

 

Malas Menghapus Sisa Makeup

Sisa makeup yang masih melekat di wajah harus segera dibersihkan sampai tuntas, sebab sisa makeup tersebut memang beresiko menyumbat pori-pori wajah. Lebih parahnya lagi, penyumbatan tersebut dapat menimbulkan komedo, jerawat, dan flek hitam dalam jangka panjang.

 

Malas Melakukan Proses Eksfoliasi

Proses eksfoliasi tidak sekadar bertujuan mengangkat sel-sel kulit mati, karena sel-sel kulit mati yang dibiarkan begitu saja akan menyumbat pori-pori wajahmu. Lakukan proses eksfoliasi kulit wajah minimal 2 minggu sekali agar wajah bebas kusam dan pori-porinya tidak tersumbat. Kamu tidak perlu khawatir dengan resiko iritasi kulit. Gunakan bahan-bahan eksfoliasi alami seperti oatmeal atau gula pasir untuk hasil yang maksimal.

 

Terbiasa Memencet Jerawat di Wajah

Siapa bilang memencet jerawat adalah solusi terbaik bagi wajahmu? Justru memencet jerawat akan membuat pori-pori jadi besar dan lebih rentan tersumbat kotoran. Lebih parahnya lagi, peluang kulit iritasi akibat memencet jerawat juga bertambah besar. Tangani masalah jerawat dengan obat yang tepat supaya lekas mengempis dan tidak menimbulkan bekas.

Baca Juga: Masker Alami untuk Menghilangkan Jerawat

 

Jarang Mengganti Seprai dan Bantal

Walaupun kelihatan bersih, sebenarnya seprai dan sarung bantal menjadi tempat bersarangnya partikel debu dan jenis kotoran lain. Untuk menghindari pori-pori tersumbat, pastikan bahwa kamu mengganti seprai dan sarung bantal minimal 2 minggu sekali, karena kebersihan seprai dan sarung bantal juga berpengaruh pada kesehatan kulitmu.

 

Di antara kelima kebiasaan tersebut, manakah yang selama ini paling sering kamu lakukan?

Setelah kamu menyimak penjelasannya, kamu pasti kapok melakukan kebiasaan-kebiasaan tersebut. Bersiaplah menghentikan kebiasaan buruk demi kesehatan kulit yang selalu terjaga.

Komentar (0)

related article