01 Juli 2017
Bagikan :

Kedisiplinan adalah salah satu hal penting dalam hidup, karena orang yang disiplin tidak hanya menghargai waktu tetapi juga menghargai orang lain. Salah satu contoh kedisiplinan yang paling mudah dilakukan adalah tepat waktu.

Jika kamu termasuk orang yang tepat waktu, pasti kesal rasanya saat menghadapi teman yang sering terlambat. Daripada kamu terus-menerus merasa kesal, sebaiknya kamu melakukan beberapa cara efektif ini untuk mengatasinya :

Kenali Dulu Pola Keterlambatannya

Kamu pasti sudah paham dengan pola keterlambatan temanmu bila sudah lama kenal dengannya. Ada orang yang terlambat hingga setengah jam, satu jam, bahkan lebih. Jika sudah memahami pola keterlambatannya, maka kamu akan lebih mudah mengatasinya. Kamu bisa merencanakan banyak hal untuk mencegah keterlambatan temanmu.

 

Mundurkan Saja Waktu Janjiannya

Cara yang satu ini biasanya cukup efektif untuk mengantisipasi teman yang suka terlambat. Bila sudah mengenal pola keterlambatannya, kamu bisa mencoba memundurkan waktu janjian. Misalnya, kamu mengatakan pada temanmu yang sering terlambat 1 jam untuk janjian jam 1 siang. Padahal waktu janjian yang sebenarnya adalah jam 2 siang. Dengan demikian, kamu dan teman-temanmu yang lain tidak perlu membuang waktu untuk menunggu temanmu yang sering terlambat. Rencana yang sudah kamu susun pun tidak akan berantakan karena teman yang terlambat.

 

Tak Perlu Ragu untuk Marah

Tidak ada salahnya bila kamu ingin marah kepada temanmu yang terlambat, apalagi kalau keterlambatannya sampai mengganggu rencana yang sudah disusun. Hal ini mungkin akan membuat temanmu jadi lebih disiplin saat merencanakan sesuatu. Biarkan dia tahu bahwa setiap rencana tidak boleh terganggu hanya karena peristiwa terlambat.

 

Sesekali Tinggalkan Saja Temanmu

Kalau temanmu benar-benar tidak kapok dimarahi saat terlambat, meninggalkannya mungkin bisa menjadi pilihan terbaik. Dengan demikian, dia akan belajar bahwa kepentingan orang lain tidak boleh terganggu cuma karena keterlambatannya. Maka temanmu akan menanggung konsekuensi akibat kebiasaan terlambatnya yang tidak pernah diatasi dengan baik.

 

Nah, menghadapi teman yang sering terlambat dan membuatmu kesal ternyata tidak sulit, ya. Jangan sampai justru kamu yang sering terlambat dan membuat teman-temanmu kesal. Tunjukkan bahwa kamu adalah perempuan yang disiplin dan selalu menghargai waktu ya, ladies.

Komentar (0)

related article