08 Juni 2017
Bagikan :

Memanen berkah dan pahala di bulan Ramadan memang menyenangkan. Tetapi kamu juga tidak boleh lupa menjaga kesehatan selama berpuasa, karena berpuasa dengan tubuh sehat akan membuatmu lebih bersemangat dan tetap produktif.

Jangan menyepelekan kondisi fisikmu selama berpuasa, sebab ternyata 5 penyakit ini kerap timbul saat berpuasa dan melemahkan sistem kekebalan tubuhmu :

Peningkatan Jumlah Asam Lambung

Peningkatan jumlah asam lambung akan menyebabkan rasa tidak nyaman pada ulu hati bahkan sensasi terbakar pada tenggorokan. Langsung tidur usai sahur adalah penyebab utama meningkatnya jumlah asam lambung. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu meluangkan waktu minimal 1 jam setelah sahur.

Jangan bergegas tidur setelah sahur agar tubuh punya kesempatan untuk mencerna makanan. Demi meminimalkan peningkatan jumlah asam lambung, usahakan tidur dengan posisi kepala lebih tinggi daripada tubuh.

 

Radang Tenggorokan

Camilan yang digoreng memang menjadi favorit saat berbuka puasa. Padahal kondisi tubuh masih mengalami kekurangan air setelah seharian berpuasa, sehingga konsumsi gorengan secara berlebihan bisa memicu radang tenggorokan. Alangkah lebih baik bila kamu mengurangi konsumsi gorengan dan memperbanyak asupan air, sayuran, serta buah-buahan.

 

Pusing atau Sakit Kepala

Biasanya kepala akan terasa pusing atau sakit karena tubuh sedang beradaptasi dengan pola puasa. Kamu bisa mengatasi penyakit yang satu ini dengan cara mengonsumsi banyak air putih dan beristirahat lebih lama. Selain itu, mengurangi konsumsi kafein juga dapat meminimalkan resiko pusing atau sakit kepala.

 

Sembelit

Jika kamu kekurangan asupan serat selama berpuasa, maka kemungkinan besar kamu akan mengalami sembelit. Jadi, jangan lupa mengonsumsi buah-buahan dan sayuran dalam porsi seimbang, agar BAB tetap lancar dan tidak mengganggu sistem pencernaanmu. Kamu akan lebih bersemangat dan bebas kembung bila tidak mengalami sembelit selama berpuasa.

 

Kram Otot

Rupanya kram otot dapat terjadi bila kamu kekurangan asupan mineral seperti kalsium, magnesium, dan potasium. Kamu bisa mendapatkan asupan mineral yang mencukupi dari aneka bahan makanan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah.

 

Jangan lupa pula mengimbangi pola makan sehatmu dengan aktivitas fisik secara teratur, agar kondisi fisik tetap sehat dan prima selama berpuasa. Resiko puasa bolong pun bisa diminimalkan mulai tahun ini. Selamat berpuasa!

Komentar (0)

related article