25 April 2017
Bagikan :

Ada banyak hal sepele yang bisa membuat perempuan merasa malu. Salah satunya yang kerap luput dari perhatian adalah kebiasaan mendengkur. Pasti kamu malu dengan pasanganmu bila kamu punya kebiasaan yang satu ini, ya. Sementara untuk kamu yang masih single juga bisa merasa malu ketika harus menginap dan tidur bersama orang lain.

Sebaiknya, untuk kamu yang memiliki kebiasaan mendengkur, kamu harus lebih fokus mengatasinya mulai sekarang. Cobalah untuk melakukan beberapa siasat ini untuk membasmi kebiasaan mendengkur yang mengganggu :

Kamu Harus Punya Waktu Tidur yang Cukup

Ternyata kekurangan waktu tidur bisa membuat risiko mendengkur jadi semakin besar, karena tubuh yang kelelahan dan otot-otot yang tegang memang bisa menimbulkan dengkuran. Cobalah untuk tidur selama 7 hingga 8 jam setiap hari. Niscaya kebiasaan mendengkur yang mengganggu akan hilang dengan sendirinya.

 

Menjaga Kestabilan Berat Badan

Coba cek dulu kondisi berat badanmu. Semakin berat bobot tubuh seseorang, maka semakin besar pula risiko mendengkur yang dialami, karena tumpukan lemak bisa menghalangi saluran pernapasan, sehingga udara yang keluar masuk saluran pernapasan akan menimbulkan bunyi. Jika kamu memiliki berat badan yang ideal, maka kamu tidak akan mendengkur saat tidur.

 

Mengonsumsi Air Putih Dalam Jumlah Cukup

Kondisi dehidrasi bisa menyebabkan proses pelepasan lendir pada saluran pernapasan menjadi lebih sulit. Akibatnya, hal ini akan menimbulkan dengkuran saat tidur. Jadi usahakan untuk mengonsumsi air dalam jumlah cukup, sehingga kamu tidak akan mendengkur lagi saat tidur.

Baca Juga: Manfaat Minum Air Putih

 

Mengubah Posisi Tidur

Posisi tubuh saat tidur rupanya juga bisa mempengaruhi timbulnya dengkuran. Saat kamu tidur telentang, dinding tenggorokan akan tertutupi oleh pangkal lidah dan langit-langit lunak pada mulut. Akibatnya, udara yang melewati tenggorokan akan bergetar dan menimbulkan bunyi. Alangkah lebih baik jika kamu tidur dengan posisi menyamping, sehingga udara yang keluar masuk sistem pernapasan menjadi lebih leluasa dan tidak menimbulkan bunyi.

 

Kini kamu tidak perlu khawatir lagi dengan dengkuran yang timbul saat kamu tidur, karena kamu sudah mengetahui cara mengatasinya. Pasti kamu bisa meminimalkan resiko dengkuran mulai sekarang. Ucapkan selamat tinggal pada kebiasaan mendengkur yang membuat malu dan tidak sehat, yuk!

Komentar (0)

related article