18 April 2017
Bagikan :

Siapa bilang diet itu menyiksa karena lapar sepanjang hari? Saat ini banyak variasi diet sehat yang tidak akan membuatmu lapar atau lemas. Kamu bisa memilih jenis diet terbaik sesuai dengan kebutuhan dan metabolisme tubuhmu. Salah satu yang sedang tren adalah diet ketogenik.

 

Apa Itu Diet Ketogenik?

Diet ketogenik adalah diet rendah karbohidrat yang mengandalkan asupan protein dan lemak sebagai sumber energi utama. Dalam diet ini, konsumsi karbohidrat harian hanya berkisar kurang dari 5% kebutuhan energi harian.

Ketika tubuh mengalami kekurangan karbohidrat, asupan lemak yang kamu konsumsi akan diubah menjadi keton. Selanjutnya, keton akan dijadikan sumber energi bagi metabolisme dan aktivitas fisik lainnya. Kondisi terbentuknya keton sebagai sumber energi tubuh dikenal dengan istilah ketosis. Kini kamu tidak perlu diet ketat untuk mencapai tahap ketosis, sebab kamu tetap bisa menyantap aneka makanan yang mengandung protein, lemak, vitamin, dan mineral.

Baca Juga: Tips Tetap Termotivasi Saat Diet

 

Menu yang Boleh Dikonsumsi untuk Diet Ketogenik

Prinsip diet ketogenik sebenarnya simple dan praktis. Kamu hanya perlu menghindari konsumsi sumber karbohidrat berupa nasi, pasta, gandum, umbi-umbian, dan menu makanan lainnya. Sebagai gantinya, kamu bisa memperoleh energi dari sumber protein hewani, protein nabati, lemak, sayur-sayuran, dan buah-buahan. Mengonsumsi makanan kaya protein seperti daging sapi, ayam, dan olahan berbahan dasar kedelai akan membuatmu kenyang sepanjang hari.

Saat sedang tidak memasak makanan sendiri, kamu bisa menyantap gado-gado tanpa lontong atau nasi, salad, sate ayam tanpa lontong, atau aneka olahan telur. Maka diet ketogenik pun akan berlangsung lancar dan metabolisme tubuh senantiasa stabil.

 

Diet Ketogenik Akan Memberikan Manfaat Lain

Ada manfaat lain yang tidak kalah istimewa jika kamu menjadikan diet ketogenik sebagai bagian dari pola hidup sehatmu. Daya tahan tubuh akan meningkat dan resiko diabetes bisa diminimalkan. Hal ini dikarenakan tubuh tidak akan mengalami kondisi kadar gula darah yang tinggi. Tubuhmu akan terasa lebih bugar dan tidak mudah terserang penyakit.

 

Apakah kamu tertarik untuk mencoba diet ketogenik, ladies?

Tidak ada kata terlambat untuk memulai pola hidup sehat. Dapatkan bonus berupa bentuk tubuh proporsional jika kamu konsisten menjalankan pola hidup sehat mulai sekarang.

Komentar (0)

related article