15 Januari 2017
Bagikan :

Minum jus baik untuk kesehatan, karena penggunaan buah dan sayur sebagai bahan dasar jus akan melengkapi kebutuhan gizi harianmu. Tidak mengherankan bila masyarakat modern kini semakin gemar mengonsumsi jus sebagai menu harian.

Tapi proses pembuatan jus yang keliru justru bisa membuat jus buatanmu jadi kurang bergizi. Beberapa kesalahan ini harus kamu hindari untuk mendapatkan manfaat maksimal dari jus buah dan sayur :

 

Sering Menambahkan Bahan Perasa

Bahan perasa yang ditambahkan ke dalam jus biasanya berupa gula pasir, gula cair, madu, atau susu kental manis, agar rasa jus jadi lebih nikmat dengan tambahan perasa tersebut. Sayangnya, penambahan zat perasa akan menambah jumlah kalori dalam jusmu. Akibatnya, jus tidak lagi menjadi minuman sehat rendah kalori, melainkan menjadi minuman yang tinggi kalori dan meningkatkan risiko kelebihan berat badan.

 

Tidak Langsung Meminum Jus

Kamu sebaiknya langsung minum jus yang sudah dibuat, karena semakin lama kamu membiarkan jus tersebut, maka kandungan vitamin dalam jus akan mengalami proses oksidasi. Hal ini membuat kandungan vitamin dalam jus terus berkurang bila terus dibiarkan. Alangkah lebih baik bila kamu lekas meminum jus yang baru selesai diproses, agar tubuhmu bisa mendapatkan manfaat jus secara maksimal.

 

Mengupas Semua Jenis Buah

Ada beberapa jenis buah yang tidak perlu dikupas saat dijus, misalnya apel, timun, tomat, anggur, dan pir. Hal ini dikarenakan kandungan serat dan vitamin pada bagian kulit buah tersebut justru baik untuk memenuhi nutrisi tubuh. Untuk memastikan kehigienisan buah yang akan dijus, kamu hanya perlu mencucinya hingga bersih.

 

Menggunakan Sayuran Secara Berlebihan

Pernah dengar tentang green smoothies?

Green smoothies adalah istilah yang digunakan untuk menyebut jus dari campuran aneka sayuran. Green smoothies tentu baik untuk kebutuhan gizimu. Namun sebaiknya kamu tidak menggunakan sayuran hijau terlalu banyak dalam jus buatanmu, sebab sayuran hijau bisa membuat jus menjadi langu. Perbandingan buah dan sayur yang tepat untuk membuat jus adalah 3:1. Hasilnya, cita rasa jus tetap segar dan kamu pun tidak akan bosan meminumnya setiap hari.

 

Apakah kamu sudah berencana membuat jus buah dan sayur mulai besok, ladies?

Yuk siapkan dulu buah dan sayuran segarnya agar jus buatanmu semakin bermanfaat dan terasa segar!

Komentar (0)

related article