03 Agustus 2016
Bagikan :

Orang yang menyebalkan selalu ada di mana-mana, ya. Mulai dari teman sebaya, tetangga, sampai orang-orang lain di sekelilingmu. Celakanya, kamu kerap tidak bisa menghindari interaksi dengan orang yang menyebalkan. Apalagi jika orang yang menyebalkan adalah rekan kerjamu sendiri.

Menghadapi rekan kerja yang menyebalkan memang tidak mudah. Tetapi bukan berarti hal iut mustahil dilakukan bila kamu paham cara menyiasatinya.

Berusaha untuk Sabar dan Tenang

Sabar dan tenang adalah kunci untuk memenangkan situasi yang menyebalkan. Jangan sekali-kali kamu memberikan tanggapan yang negatif terhadap aksi menyebalkan rekan kerjamu. Belajarlah untuk mencerna setiap kata-kata atau tindakannya. Sehingga kamu punya kesempatan untuk menanggapinya dengan sesuatu yang tepat.

Berbicara Secara Empat Mata

Berbicara empat mata biasanya efektif untuk menyalurkan rasa kesalmu. Ketika seorang rekan kerja yang menjengkelkan mulai mengganggu produktivitasmu, temui dia secara baik-baik. Saat-saat berdua dengannya merupakan waktu yang paling pas untuk menyampaikan unek-unekmu. Berusahalah mengontrol emosimu supaya kamu tidak berperilaku kasar.

Tak Perlu Terlalu Sering Berkomunikasi Dengannya

Rasa jengkel pasti sudah menjadi pelajaran yang cukup bagimu untuk jaga jarak dengannya. Usahakan untuk tidak berbicara tentang hal-hal di luar pekerjaan. Dengan demikian, kamu akan menampilkan kesan profesional dan tidak mudah tersulut emosi.

Jangan Memutuskan Sesuatu Ketika Kesal

Sewaktu merasa kesal, kamu cenderung mengambil keputusan secara gegabah tanpa memikirkan akibatnya. So, sebaiknya kamu menenangkan dirimu dulu jika merasa kesal dengan rekan kerjamu. Jangan mengambil keputusan apa pun bahkan mengirimkan email kepada orang lain. Pastikan kalau dirimu sudah cukup tenang untuk mengambil tindakan tertentu yang berkaitan dengan pekerjaanmu.

Meminta Saran dari Si Bos

Meminta saran dari bosmu bukan berarti kamu melakukan aksi “cari muka”. Kamu patut menjelaskan kronologi kejadian yang berkaitan dengan rekan kerjamu. Sampaikan alasan yang jelas mengapa rekan kerjamu membuat kamu jadi terhambat selama beraktivitas di kantor. Atasan yang baik tentu akan berusaha menengahi dan membantu mencari solusi bagi permasalahan yang sedang kamu hadapi.

Kehidupanmu di dunia kerja pasti menempamu menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Anggaplah rekan kerja yang menyebalkan sebagai bagian dari ujian kesabaranmu kini dan esok hari. Sampai tiba saatnya kamu “naik kelas” sebagai pribadi yang penuh sisi positif.

Komentar (0)

related article