20 Juli 2016
Bagikan :

Di jaman modern saat ini, bukan hanya kaum lelaki saja yang bisa menjadi pemimpin. Para perempuan pun kini tidak ketinggalan menunjukkan kualitas pribadi terbaik sebagai seorang pemimpin. Seorang perempuan akan menjadi pemimpin yang baik jika memiliki beberapa karakteristik khas pemimpin. 

Jadi, apa saja karakteristik yang patut dimiliki oleh seorang pemimpin perempuan ?

Tidak Memihak Gender Tertentu
Perasaan peduli terhadap sesama kaum perempuan sering membuat pemimpin perempuan bertindak gegabah. Padahal seorang pemimpin tidak boleh menilai sesuatu berdasarkan gender. Hal yang salah harus diadili dan diberi sanksi. Sedangkan hal yang benar tentu wajib dibela dan dipertahankan. Tanpa memihak gender tertentu, seorang pemimpin wanita pasti mampu berlaku adil.

Prestasi yang Tidak Kalah Unggul dari Lelaki
Agar mampu mencapai posisi pemimpin, seorang perempuan wajib memiliki prestasi yang tidak kalah unggul dari lelaki. Prestasi dari segi akademik atau pengalaman organisasi jelas menjadi nilai tambah bagi kepemimpinan seorang perempuan.

Jeli Memilih Anggota Tim
Salah satu kelebihan yang dimiliki perempuan adalah kemampuan intuisi yang baik. Selain mengandalkan logika, memilih anggota tim yang tepat juga harus dilakukan dengan bantuan intuisi. Kenali dulu gerak gerik calon anggota tim sebelum mengajaknya bergabung. Supaya nantinya tim yang dipimpin bisa berjalan lancar karena memiliki kesamaan visi dan misi.

Luwes Dalam Bergaul
Pemimpin perempuan yang baik harus mampu merangkul semua anggota tim yang dipimpinnya tanpa terkecuali. Untuk mewujudkan hal ini, seorang pemimpin perempuan harus memiliki keluwesan dalam bergaul. Tidak melulu soal tutur kata yang sopan, luwes dalam bergaul juga membuat pemimpin perempuan mampu menempatkan dirinya sebagai teman dan pembimbing bagi seluruh anggota tim.

Mencintai Posisinya Sebagai Pemimpin
Mencintai posisi sebagai pemimpin bukan berupa tindakan gila hormat dan ingin disegani, tetapi mencintai posisi sebagai orang yang menggerakkan sebuah tim. Mencintai posisi pemimpin akan membuat perempuan merasa lebih nyaman dan mampu menikmati setiap pekerjaannya. Tidak akan ada rasa terbebani atau menyesal jika perempuan mencintai apa yang sedang dikerjakannya.

Tidak selamanya perempuan harus selalu berada di bawah bayang-bayang kesuksesan lelaki. Sebagai perempuan modern yang berprestasi dan senantiasa bersemangat, tentu kamu juga mampu memegang kendali tim untuk menuju ke arah yang lebih baik
 

Komentar (0)

related article